Akhir Gerakan Setelah Melakukan Tembakan Shooting Satu Tangan Bola Basket

Akhir Gerakan Setelah Melakukan Tembakan Shooting Satu Tangan Bola Basket

archmerged.com – Cara melakukan shooting bola basket menjadi suatu hal penting yang harus dikuasai oleh para Atlet saat melakukan permainan. Hal ini menjadi poin yang sangat dibutuhkan ketika bertanding menghadapi lawannya. Setiap tembakan yang masuk ke dalam ring akan mendapatkan poin.

Dalam melakukan lemparan bola, ada banyak sekali tipe yang harus Anda kuasai. Salah satunya adalah mengakhiri gerakan saat melakukan shooting ke ring basket. Cara ini harus Anda kuasai dengan baik.

Cara Mengakhiri Gerakan Shooting Satu Tangan Bola Basket

  • Pastikan Kuda-Kuda yang Benar 

Bentangkan kedua kaki terlebih dahulu selebar bahu dan bebankan pada berat tubuh bagian kaki. Tekuk sedikit lutut dengan menurunkan beban sedikit ke bawah dan pastikan posisi Anda harus seimbang. 

Tekuk lebih dalam bagian paha dan lutut supaya tenaga yang didapatkan bisa lebih banyak. Hal ini bertujuan agar tembakan yang Anda lakukan dapat masuk secara akurat.

  • Pegang Bola dengan Benar

Tempatkan bola dengan tepat di bagian tangan Anda, pastikan memegangnya dalam posisi yang sedang. Carilah titik ternyaman disaat memegang bola. Posisi siku berada di bawah bola. bola digenggam dengan benar saat melakukan tembakan. Posisi jari sejajar dengan jahitan bola. Bola harus menempel di ujung jari anda supaya dapat dikendalikan dengan baik.

  • Menembak Bola

Dalam melakukan lemparan bola menuju ring basket harus dilakukan secara benar. Temukan sasaran yang tepat, bahwasanya ring menjadi tujuan utama untuk melakukan tembakan. Kedua lutut diluruskan terlebih dahulu, lakukan lompatan untuk menembakan bola ke ring basket. Secara koordinasi, gerakan tubuh, lengan, dan kaki akan bergerak secara otomatis bersamaan. 

Lakukan lompatan kecil disaat Anda melakukan shooting, untuk pendaratannya akan lebih efektif jika tidak di lokasi lompatan yang sama. Melompat sedikit ke depan supaya bola yang dihasilkan bisa membentuk seperti parabola.

Doronglah bola ke atas dengan menembakan secara langsung ke dalam ring. Posisi bola berada di bagian atas depan dengan menggunakan satu tangan. Sementara untuk tangan lainnya hanya menuntun saja.

Dalam tahap ini, melepas bola menjadi langkah akhir ketika melakukan gerakan lompatan. Lepaskan bola dengan memperhatikan arah perputarannya ke arah ring basket. Perhatikan lemparan bola yang dilakukan apakah masuk atau tidak.

  • Proses Penyempurnaan Teknik 

Proses penyempurnaan dilakukan dengan gerakan yang tepat supaya bisa menghasilkan shooting lebih pas. Mulai dari pandangan, gerakan tubuh bagian tangan dan kaki harus bisa dikoordinasikan dengan baik. Biasanya proses penyempurnaan dilakukan secara berulang-ulang agar hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga : Cara Akses Instagram Melalui Laptop/Komputer

Itulah beberapa cara melakukan shooting bola basket dengan satu tangan dalam permainan basket. Anda harus bisa menguasainya dengan baik supaya permainan yang dilakukan menjadi lebih efektif. Poin akan mudah didapatkan bilamana Anda jitu dalam menguasai permainan yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *