Mau Apply Beasiswa? Yuk, Simak Cara Bikin Essay yang Berkulitas Ini

Mau Apply Beasiswa? Yuk, Simak Cara Bikin Essay yang Berkulitas Ini

archmerged – Apakah Anda sedang mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa pendidikan dalam negeri atau luar negeri?. Itu artinya, Anda perlu menyiapkan sebuah essay terbaik agar peluang lolosnya tinggi. mengapa harus begitu? Ya, karena pada umumnya lembaga penyedia beasiswa akan menjadikan tulisan tersebut sebagai salah satu syarat mendaftar.

Tak perlu berlama-lama lagi, mari simak artikel ini yang akan membahas seputar cara membuat essay beasiswa secara berkualitas.

Apa Itu Essay Beasiswa?

Secara umum, essay diartikan sebagai karya tulis singkat yang membahas suatu masalah atau isu tertentu melalui sudut pandang penulisnya. 

Berbeda dengan definisi di atas, essay beasiswa sendiri diartikan sebagai sebuah karya tulis singkat dimana memuat penjabaran penting terkait diri sendiri serta potensi yang kita miliki agar mampu menarik calon pemberi dana siswa.

Struktur Penulisan Essay

Umumnya setiap jenis tulisan akan memiliki struktur yang terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Demikian halnya dengan essay, strukturnya kurang lebih sama seperti karya tulisa pada umumnya. Untuk lebih detailnya terkait konten tiap bagian, berikut beberapa konten dimana dapat dipertimbangkan oleh para scholarship hunter.

  1. Pembuka : perkenalan diri, latar belakang masalah atau diri sendiri, potensi diri.
  2. Isi : rencana studi, rencana tugas akhir, rencana karir di masa depan, visi misi kehidupan.
  3. Penutup : kesimpulan & harapan.

Cara Membuat Essay yang Baik dan Benar

Agar lebih mudah dan percaya diri dalam menyusun karya tulis beasiswa, cara atau tips berikut ini patut untuk diikuti.

1. Tentukan tema utama tulisan

Tema merupakan hal utama dimana harus ditentukan terlebih dahulu sebelum menulis. Dengan bantuan tema, kita bisa lebih mudah menyusun kalimat demi kalimat dalam essay. Apabila tema sudah ditentukan oleh penyedia beasiswa, maka Anda wajib menggunakan topik-topik sesuai dengan tema tersebut. 

2. Buat draft atau kerangka tulisan

Poin kedua ini akan membantu Anda dalam menyusun ide-ide tulisan serta sebagai batasannya. Apabila kita tidak membuat batasan tulisan maka ide-ide akan keluar dengan ‘liarnya’ hingga kita jadi kebingungan hendak menulis yang mana terlebih dahulu serta akan berakhir kemana ide tersebut.

3. Buat paragraf pembuka nan menarik

Intro adalah hal pertama yang bisa menentukan apakah essay layak untuk dibaca lebih lanjut. Nah, jika Anda tak mau kalah dari ribuan pendaftar lainnya, sebaiknya beri penekanan terbaik pada bagian paragraf pembuka. Semakin menarik pembukaannya maka peluang untuk mengambil hati pihak penyedia beasiswa juga makin besar.

4. Ceritakan secara detail & lugas pengalaman pribadi

Begitu tema dan intro sudah dibuat dengan baik, selanjutnya mulai tulis bagian cerita pengalaman diri secara lebih detail dan lugas. Pada bagian ini, pastikan Anda tidak hanya bercerita pengalaman menarik saja, namun juga sisipkan kualitas-kualitas unggul Anda lewat paragraf-paragraf dengan catatan tulisan masih mengikuti tema serta tidak berlebihan.

5. Gunakan teknik penulisan baik & mudah dipahami

Biasanya juri akan mempertimbangkan esai yang ditulis dengan teknik penulisan yang baik. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan teknik penulisan baik serta mudah dipahami pembacanya. 

Sehebat apapun cerita pengalaman diri Anda, bila tidak menggunakan kaidah penulisan baik sekaligus bahasa yang mudah dipahami maka hasilnya pun bisa kalah dari esai lainnya.

6. Koreksi kembali bila sudah selesai

Setelah tulisan sudah selesai, koreksi adalah cara terakhir yang wajib dilakukan. Hal ini berguna untuk menghindari adanya kesalahan penulisan sebelum mengirim esai serta untuk meyakinkan diri.

Baca Juga : Cara Daftar NPWP Online, Bisa Lewat HP!

Dengan megoreksi, kita dapat meminimalisir adanya salah ketik (Typo), penulisan kalimat kurang readability, maupun kesalahan-kesalahan lainnya dimana jika dibiarkan begitu saja bisa berakibat fatal. Anda tak mau menyesal di kemudian hari, bukan?

Nah, itulah deretan informasi mengenai cara membuat essay beasiswa berkualitas dan dapat jadi pertimbangan kuat bagi dewan juri. Apakah Anda sudah siap untuk membuatnya? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *